Sabtu, 03 Maret 2012

Perkembangan Sistem Operasi Android


1.Android Versi 1.1
    Pada 9 maret 2009,Google merilis Android versie 1.1 versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi,jam alarm,voice search(pencarian suara),pengiriman pesan dengan Gmail,dan pemberitahuan email.
2.Android Versi 1.5 (Cupcake)
    Pada pertengahan mei 2009,Google kembali merilis telepon selular dengan mengunakan Android dan SDK(Software Development Kit)dengan versie 1.5 (Cupcake).Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga dengan penambahan beberapa fitur dalam selular versie ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera,mengunggah video ke youtube dan gambar ke Picasa langsung dengan telepon.Dukungan Bluetooth A2DP,kemapuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth,layar animasi,dan keyboard.Pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
3.Android Versi 1.6(Donut)
     Donut versie 1.6 dirilis pada september dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya,penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN.Fitur lainya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus;kamera,camcorder dan galeri yang diintergrasikan;CDMA,Evdo,820.1x,VPN,Gestures,dan Text-to-speech engine;kemapuan dial kontak;teknologi text to change speech(tidak tersedia pada semua ponsel),pengadaan resolusi VWGA.
4.Android Versi 2.0/2.1( Eclair)
    Pada 3 desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versie 2.0/2.1(Eclair),perubahan yang dilakukan pengoptimalan Hardware,peningkatan Google Maps 3.1.2,perubahan UI dengan browser baru dengan dukungan HTML5,daftar kontak yang baru,dukungan dengan kamera flash untuk kamera 3.2 piksel,digital zoom,dan Bluetooth 2,1.
Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikutGoogle melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik(Killer Aplikasi Unggulan).Kompetisi ini berhadiah $ 25.000 bagi setiap pengembang aplikasi yang terpilih.
    Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android.semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem Android.Aplikasi terkenal yang diubah ke sisitem Android adalah shazam,Backgrounds,WeatherBug.Sistem operasi Android dalam situs internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli,contohnya Myspace dan Facebook.
5.Android Versi 2.2(Froyo:Frozen Yoghurt)
    Pada mei 2010 Android versi 2.2(Froyo)diluncurkan.Perubahan-perubahan pada umumnya terhadap versi-versi sebelum diantara lain dukungan Adobe Flash 10.1,kecepatan kinerja dan aplikasi 2kali sampai 5kali lebih cepat,intergrasi V8 Java sricpt engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser,pemasangan aplikasi pada SD card,kemampuan WIFI hotspot Portable,dan kemampuan auto update dalam Aplikasi Android Market.
6.Android versi 2.3(Gingerbread) 
    Pada 10 desember 2010,Android versi 2.3(Gingerbread)diluncurkan.Perubahan-perubahan pada umumnya yang didapat dari ponsel Android versi ini diantara lain peningkatan kemampuan permainan(gaming),peningkatan fungsi copy paste,layar antar muka(User Interface)didesain ulang,format video VPB dan WEBm,efek audio baru (Reverb equalization,headphone virtualization,dan bass boost). Kemampuan dukungan Near Field Comunication(NFC),dan dukungan kamera yang ada lebih dari satu.
7.Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
    Versi Android ini dirancang khusus untuk tablet.Android versi mendukung ukuran layar yang besar.User interface pada Honeycomb juga mendukung Multi Prosesor dan juga akselerasi perangakt keras (hardware)untuk grafis.Tablet pertama yang dibuat dengan Android versi Honeycomb adalah motorola xoom.Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di indonesia.
8.Android versi 4.0(Ice cream) 
    Lagi-lagi Google meluncurkan OS versi terbaru yang diberi nama Android versi(Ice cream),versi ini terdapat perubahan yang cukup jauh dari pendahulunya,dan berikut 10 fitur terbaru dari Android versie(Ice cream):
-Android Ice cream menggunakan jenis huruf baru yang bernama Roboto.Dengan ini diharapkan tulisan akan terlihat jelas dan lebih tajam.
-Semua widget pada android ice cream bisa disesuaikan ukurannya.Hal ini tentunya sangat berarti bagi pengguna yang kerap menampilkan banyak widget dalam satu home screen.
-Dalam sistem operasi ini,seluruh aplikasi bisa dikategorikan dalam folder,persis yang ada dalam IOS.
-Favorites Tray,pengguna kini bisa menyimpan seluruh aplikasi yang paling sering digunakan,link dan folder dalam satu tray.
-Screenshot,kini pengguna bisa mengakses fungsi tersebut hanya dengan menekan tombol power secara bersamaan dengan tombol volume untuk menangkap gambar.
-Salah satu fitur yang cukup canggih adalah Face Unlock,fungsi ini bisa berfungsi untuk membuka "kunci"pengaman telepon hanya dengan memandang saja.
-Fitur Browser pada android versi ini juga ditingkatkan,kini pengguna tidak hanya bisa membuka 16 halaman sekaligus,namun juga menyimpannya dan kemudian bisa diakses secara offine.
-Ada banyak fungsi kamera yang ditingkatkan,sebut saja image stabilization,autofocus,panorama,dan beberapa fitur editing foto
-Pengguna data internet juga bisa dipantau dalam android(Ice cream).Pengguna bisa mengetahui aplikasi apa saja yang rakus di konsumsi data.
-Sistem intergrasi daftar kontak konon sudah di tingkatkan,pengguna tidak hanya bisa sinkronisasi dengan daftar Google+,Facebook,Twitter dan lainnya,tapi juga menentukan daftar kontak favorit dan menempatkannya dalam satu folder yang mudah diakses.
9.Android versi 5.0(Jelly Bean )
Ditahun 2012 Google kembali merilis Android versi terbarunya yaitu(Jelly Bean).Yang menarik Jelly Bean mendukung dual-booting system.Beberapa elemen dari Chrome OS tampaknya akan mengijinkan dual boot.Sehingga pengguna dapat berpindah dari windows ke Android tanpa shut down.OS baru ini adalah kesempatan bagi Google untuk memasuki kembali dunia notebook dan netbook.Chrome sejauh ini dianggap gagal,kurang kuat sebagai notebook dan kurang portable seperti tablet.
                                                    "Semoga bermanfaat,Matur Nuwun"
                                          WE LOVE ARSENAL"Victoria Concordia Crescit"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar